Posted by : Unknown
Wednesday, December 19, 2012
Konsep belajar juga dikenal sebagai
kategori pembelajaran dan pencapaian konsep, sebagian
besar didasarkan pada karya-karya psikolog kognitif
Jerome Bruner. Bruner, Goodnow, & Austin (1967)
pencapaian konsep yang didefinisikan (atau belajar konsep) sebagai
"pencarian dan daftar atribut yang dapat digunakan untuk membedakan eksamplar
dan non eksamplar dari
berbagai kategori.
Lebih sederhananya, konsep kategori mental yang membantu kita
mengklasifikasikan benda-benda, peristiwa, atau ide-ide dan masing-masing
objek, peristiwa, atau ide memiliki seperangkat fitur yang relevan.
Dengan
demikian, konsep pembelajaran merupakan strategi yang mengharuskan seorang pelajar untuk membandingkan kelompok
kontras dan atau kategori yang berisi fitur-konsep yang relevan dengan kelompok
atau kategori yang tidak berisi fitur-konsep yang relevan. (Bruce Joice dkk, 1980 :37)
Kemampuan pemahaman konsep dalam
pembelajaran fisika adalah tingkat kemampuan yang menuntut siswa mampu memahami
arti atau konsep, situasi serta fakta yang diketahuinya. Dalam hal ini, siswa
tidak hanya hapal secara verbal, tetapi mengerti atau paham terhadap konsep
atau fakta yang dinyatakannya.
Selanjutnya, Agus Martawijaya dan
Muhammad Natsir (2009 : 30) mengemukakan
bahwa : pemahaman berkenaan
dengan inti sari dari sesuatu, yaitu suatu bentuk pengertian yang menyebabkan
seseorang mengetahui apa yang sedang dikomunikasikan dan dapat menggunakan
materi itu tanpa harus menghubungkannya dengan materi lain. Pemahaman dapat
dibedakan atas :
- Translasi, yaitu kemampuan untuk memahami suatu materi atau ide yang dinyatakan dengan cara asli yang di kenal sebelumnya.
- Interpretasi, yaitu kemampuan untuk memahami suatu materi atau ide yang direkam, di ubah, atau di susun dalam bentuk lain (grafik, tabel, atau diagram).
- Ekstrapolasi, yaitu kemampuan untuk meramalkan kelanjutan kecenderungan yang ada menurut data tertentu dengan mengemukakan akibat, konsekuensi, implikasi, dan sebagainya sejalan dengan kondisi yang digambarkan dalam komunikasi yang ada.
Dalam
proses pengembangan instrumen pembelajaran, kata-kata operasional yang cocok untuk tujuan pemahaman
antara lain adalah menjelaskan, memperkirakan, mengubah, membedakan,
mencontohkan dan membandingkan. Pada umumnya pertanyaan pemahaman konsep
diajukan dengan tujuan agar siswa dapat mengiterpretasikan bahan informasi, kemudian menerjemahkannya ke dalam bentuk yang lain. Perlu diingat bahwa informasi
yang diperlukan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pemahaman, harus diberikan
kepada siswa semisal, uraikan, bandingkan dan perjelas, karena pemahaman melibatkan proses mental sehingga
sifatnya dinamis.
Semoga Bermanfaat
Ijin dikomentari agar tercipta suasana transfer ide dan kritikan yang lebih baik
Related Posts :
- Back to Home »
- Pengantar Pembelajaran »
- Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Fisika
mohon maaf, mau tanya. itu buku referensinya judulnya apa?
ReplyDeleteBanyak judul buku yang sesuai dengan referensi diatas. klo tulisan ini berdasarkan buku panduan Strategi Pembelajaran Fisika yang disusun oleh Dosen UNM saat itu.
ReplyDeleteterima kasih atas info pemahaman nya sangat membantu.!!
ReplyDelete