Posted by : Unknown Tuesday, December 18, 2012


Pendidikan formal merupakan salah satu jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang. Terdiri dari pendidikan formal berstatus negeri dan pendidikan formal berstatus swasta. Tercapainya tujuan pendidikan secara menyeluruh tidak lepas dari peran dan fungsi sekolah sebagai bagian dari pendidikan formal tersebut. Sekolah merupakan tempat pengembangan kurikulum, yang meliputi tujuan pembelajaran, bahan pembelajaran yang tersusun secara sistematis, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi yang berperan untuk mengetahui sejauh mana tujuan itu tercapai. Sehingga untuk mengembangkan potensi peserta didik dalam kuantitas yang besar sambil mempertahankan kualitas pendidikan, bukanlah tugas yang mudah namun diperlukan tindakan nyata yang komprehensip dan terpadu. Usaha peningkatan tersebut tentunya tidak lepas dari peningkatan kualitas tenaga pendidik itu sendiri. Peningkatan kualitas tenaga pendidik mutlak diperlukan seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta tuntutan perkembangan pembangunan yang membutuhkan tenaga-tenaga terampil, kreatif dalam disiplin keilmuannya.

Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang selalu dianggap momok bagi siswa, ketakutan akan banyaknya rumus-rumus membuat hilangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ini. Begitu pula dengan matematika, dengan implementasi dan penggunaan metode yang tidak tepat, mampu berpengaruh besar pada kecenderungan dan minat belajar siswa pada matematika. Begitu banyak alternative yang dapat diterapkan untuk mengubah paradigma negative tersebut dikalangan siswa, contohnya saja dengan menggunakan media berbasis komputer sebagai salah satu instrument yang dapat menyalurkan pesan, merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga mampu mendorong proses belajarnya. Dengan demikian, sangat bermanfaat untuk siswa dan tentunya para guru pun termotivasi untuk mengembangkan ilmu komputer yang dimilikinya. Sehingga memberikan efek yang baik dan beresensi pada hasil pengalaman belajar siswa yang tentunya akan lebih interaktif dalam kelas dan menambah pengetahuan serta pemahaman  konsep Fisika siswa itu sendiri.


Hamalik (1986) dan Azhar Arsyad (2002) mengemukakan bahwa pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan pembelajaran dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Penggunaan media pembelajaran akan sangat membantu efektifitas proses pembelajaran serta penyampaian pesan dan isi pelajaran sehingga dapat membantu siswa meningkatkan pemahamannya, karena menyajikan informasi secara menarik dan terpercaya. Selain itu media pembelajaran juga dapat memudahkan penafsiran data dan memadatkan informasi. Hal ini memungkinkan tercapainya tujuan pembelajaran, yang pada akhirnya dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa.


Beberapa konsep dalam Fisika, pada dasarnya memerlukan media untuk menjelaskan secara detail konsep tersebut.  Misalnya : Listrik Statis dan Listrik Dinamis, materi ini cukup banyak memiliki konsep yang abstrak untuk siswa. Penggambaran arus listrik dalam suatu rangkaian, hukum Ohm dan hukum Kirchoff tentunya membutuhkan media untuk menjadikannya lebih konkret dan memperjelas materi-materi yang memiliki konsep yang abstrak. Semisal juga pada materi impuls dan momentum, dengan menggunakan media berbasi computer, maka penggambaran interaksi besaran-besaran fisis pada peristiwa tumbukan lebih jelas, penyajian contoh-contoh penerapan konsep impuls dan momentum yang pada awalnya hanya membuat siswa berkhayal, namun dengan adanya media berbasis komputer dapat membantu merubah konsep-konsep yang abstark menjadi lebih konkret.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Selamat Datang

SC Indonesia Cabang Barru Blog hadir sebagai wadah untuk kita bisa saling berbagi saran, kritikan, ilmu dan opini yang bersifat membangun. Tak bisa dipungkiri, saat ini kita masih dalam tahap belajar dan itulah yang kemudian saya anggap sebagai sebuah dinamika tanpa batas. Semoga apa yang termuat dalam blog ini, bisa bermanfaat untuk kita semua.

Salam kasih

Popular Post

- Copyright © SCI BARRU -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -